Operasi Wibawa Praja, Kwarran Cileungsi Kerahkan Anggota di Titik Krusial
Komentar

Operasi Wibawa Praja, Kwarran Cileungsi Kerahkan Anggota di Titik Krusial

Komentar

Terkini.id, Bogor – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Cileungsi berpartisipasi dalam gelar operasi Wibawa Praja dengan mengerahkan anggota Pramuka Penegak dan Pandega di beberapa titik krusial.

“Kami sangat bangga terutama anak-anak Penegak dan Pandega yang dipercaya untuk bisa bergabung dan bekerja sama dengan aparat kepolisian, TNI, Satpol PP dan dinas terkait lainnya,” kata Yanuar Feri Awaludin, Andalan Pramuka Peduli Kwarran Cileungsi di pos PAM Metland Transyogi Cileungsi, Sabtu, 26 Desember 2020.

Menurut Yanuar, ini kali pertamanya PAM di tengah pandemi yang sedang melanda negeri ini. Ia menyebut situasi di lapangan cukup baik dan kondusif, walaupun masih ada warga yang masih belum mentaati aturan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

“Saya kira ini cara terbaik kita untuk menjaga agar pandemi yang sedang melanda ini tidak menyebar lebih luas lagi dan saya pun mengimbau agar para anggota yang sedang jaga di pos PAM natal dan tahun baru kali ini agar tetap menjaga protokol kesehatan dengan 3M dan tetap mengutamakan keselamatan,” ujar dia lebih lanjut. 

Ia berharap situasi tetap kondusif dan aman sampai pergantian tahun nanti dan masyarakat tetap mematuhi kebijakan pemerintah di masa pandemi ini.

Baca Juga

Personel yang terlibat dalam operasi ini adalah TNI 4 orang, Polri 5 orang, BPBD 6 orang, Satpol PP 15 orang, Damkar 5 orang, Pramuka 7 orang dan JKU. Personel yang dipimpin Murtani dan Amran itu menggelar operasi guna mengimbau warga yang masih belum mematuhi protokol kesehatan.

“Kegiatan ini sangat penting terutama di masa pandemi ini, yakni untuk menjaga dan memutus mata rantai penularan Covid-19,” terang Yanuar lagi.

Menurut Riska Widiyawati salah satu peserta dari anggota Pramuka Penegak Kwarran Cileungsi, kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat. Kata dia, sungguh suatu pelajaran berharga betapa pentingnya menjaga kesehatan terutama di masa pandemi Covid-19.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada kak kwarran dan kakak-kakak pengurus Kwarran Cileungsi yang telah memberikan kepercayaan kepada kami, juga kepada TNI, Polri, BPBD, dan Damkar yang telah banyak memberikan pelajaran serta pengalaman bagi kami. Kemudian juga dari Satpol PP yang sudah membimbing kami di tempat kegiatan ini, kami ucapkan banyak terima kasih,” beber anggota Pramuka Penegak SMK Bina Teknika itu.

Diketahui bahwa operasi Wibawa Praja ini dilaksanakan pada 24, 25, 26, 27 Desember 2020 dan 1, 2, 3 Januari 2021 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari tersedianya alat pencuci tangan, handsanitizer, memakai masker, dan menjaga jarak. Operasi ini tidak hanya dilakukan oleh Kwarran Cileungsi, tetapi dilakukan juga oleh kwarran-kwarran lain di daerah Kabupaten Bogor, seperti Kwarran Cibinong, Megamendung, Babakanmadang, Cisarua, Sukamakmur, dan Pamijahan. (Kominfo Kwarcab Bogor)