Mahasiswa IPB University Gelar Aksi Sobi Back to School

mahasiswa
Sobi Back to School (Terkini.id)

Terkini.id, Bogor – Mahasiswa IPB University penerima beasiswa Pertamina Foundation menggelar aksi Sobi Back to School di SDN Babakan Dramaga 04, Bogor. Ini merupakan Aksi Sobat Bumi ke-2 sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat. Kegiatan ini mengusung tema “Cintai Bumi, Mulai dari Sekolahmu”.

“Tujuan kegiatan untuk mengedukasi siswa-siswi mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, memberikan praktik cara mendaur ulang sampah, mengajarkan gaya hidup bebas sampah dan memberikan pemahaman mengenai climate change,” kata ketua pelaksana, Nabiel Muhammad Fujeri, Sabtu 4 Desember 2021.

Ia menerangkan, kegiatan tersebut diikuti oleh 10 penerima Beasiswa Sobat Bumi PFS8, di antaranya Nabiel Muhammad Fujeri, Aulia Nisa, M. Idham Nasution, Muadz Ubaidillah, Muhammad Fauzan Kamil, Shofiyya Atrisya Zuhri, Embye Putri Rahayu, Chaya Anandita Pratama, M Rajby Halizi, dan M Dzikril Hakim. Dari 10 orang tersebut, 8 orang berada di lapangan dan 2 orang berpartisipasi secara daring karena sedang tidak berada ditempat, dan pesertanya diikuti oleh 33 orang siswa-siswi SDN Babakan Dramaga 04.

Secara umum, jenis-jenis kegiatan yang dilakukan pada Aksi Sobat Bumi ke-2 ini meliputi kreativitas daur ulang, pengenalan gaya hidup ramah lingkungan (Eco-Lifesytle) dan penanaman pohon yang dilakukan oleh siswa/i yang dibimbing oleh Mahasiswa IPB Univerisity penerima Beasiswa Pertamina Foundation. Kegiatan ini dipandu oleh MC saudari Embye Putri Rahayu yang merupakan mahasiswi jurusan Teknologi Hasil Hutan selaku penerima Beasiswa Sobat Bumi PFS8

Kegiatan berlangsung dua hari. Pada hari pertama Kamis, 25 November 2021, kegiatan diawali oleh pembukaan. Pembukaan ini mencakup sambutan dan pengenalan panitia oleh ketua pelaksana, Nabiel Muhammad Fujeri, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Shofiyya Atrisya Zuhri. Acara berlanjut ke penjelasan mengenai Pemaparan materi gaya hidup ramah lingkungan (Eco lifestyle) yang disampaikan oleh Mu’adz Ubaidillah dan Chaya Anandita Pratama.

Pemaparan materi difokuskan pada topik perubahan iklim (Climate change). Materi ini dibagi menjadi 3 sub bahasan yaitu perubahan iklim, bahaya perubahan iklim dan gaya hidup ramah lingkungan. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan kreativitas daur ulang. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan ember yang didaur ulang dan akan digunakan pada kegiatan yang akan dilakukan pada hari kedua. Acara selanjutnya adalah pembagian hadiah tote bag dan tumbler.

“Pada hari kedua, Jumat 26 November 2021 acara langsung dibuka dengan senam pagi yang dipimpin oleh Muhammad Fauzan Kamil selaku penerima Beasiswa Sobat Bumi Pertamina Foundation. Senam yang dibawakan adalah senam Go green dan senam pinguin,” kata Nabiel.

Acara selanjutnya adalah bermain games yang dipandu oleh Muhammad Dzikril Hakim selaku penerima Beasiswa Sobat Bumi Pertamina Foundation. Games yang dibawakan adalah games lawan kata yang bertemakan lingkungan. Dalam games ini, siswa-siswi berpartisipasi berperan aktif dan dapat mengikuti games dengan baik.

“Diharapkan dengan games ini menjadikan wawasan mereka tentang lingkungan jadi lebih dalam lagi. Selain itu, diadakan juga sesi review materi yang telah disampaikan pada hari sebelumnya. Pada acara ini, terlihat bahwa siswa-siswi dapat mengingat materi yang disampaikan pada hari pertama dengan sangat baik,” tutur Nabiel.

Acara selanjutnya adalah penanaman bibit pohon sebagai penerapan gaya hidup ramah lingkungan. Acara ini dibuka dengan pemberian bibit pohon nangka kepada pihak sekolah yang diterima oleh pak Hermawan.

Setelah itu, siswa-sisw diminta untuk menanam bibit pohon yang telah disediakan menggunakan ember yang sudah didaur ulang pada hari pertama. Acara selanjutnya adalah kegiatan pengecapan tangan pada banner.

Pengecapan tangan dilakukan pada banner dan digunakan warna cat yang warna-warni. Kegiatan ini dilakukan bertujuan sebagai simbol peserta kegiatan Sobi Back to School telah berkontribusi terhadap pencegahan perubahan iklim.

“Acara terakhir adalah penutupan dengan penyerahan plakat kepada pihak sekolah yang diwakili oleh Bapak Hermawan selaku salah satu guru di SDN Babakan Dramaga 04, serta merchandise sebagai kenang-kenangan kepada siswa-siswi SDN Babakan Dramaga 04,” pungkasnya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Identik dengan Mistis, Ternyata begini Sejarah Keramat Talun Cirebon

Mahasiswa KKN-T IPB Bersama Penyuluh Pertanian Lakukan Taksasi Produksi Tanaman Padi Milik Petani Kampung Ciharashas Bogor Selatan

Krisis Petani Muda di Desa Cikarawang dan Solusinya

Dunia Pendidikan Banyak Masalah

Kenali Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar