IPB Bersholawat Digelar, Diharapkan Mampu Kobarkan Jiwa Nasionalisme Pemuda Islam

IPB Bersholawat
IPB Bersholawat. (Ist)

Terkini.id, Bogor – Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) IPB University akan menggelar IPB Bersholawat malam ini, Sabtu 27 November 2021.

Pendakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar dan Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBU K.H. Asad Ali akan memberikan mauidhoh hasanah di acara ini. Selain itu, tim hadroh Al Khidmah DKI Jakarta juga akan hadir untuk mengisi sholawat dan manakib.

“Tentunya luar biasa ya effort-nya begitu besar dari temen-temen KMNU IPB dalam mempersiapkan acara IPB Bersholawat ini. Harapannya ini menjadi titik balik bagi temen-temen KMNU IPB untuk terus berjuang dan selalu bersemangat untuk menebarkan manfaat yang lebih luas lagi kepada masyarakat,” kata Ketua KMNU IPB Tsanie Ditya Kurnia dalam keterangan persnya.

Ketua pelaksana IPB Bersholawat Adi Nugraha mengatakan, tujuan acara IPB Bersholawat yaitu untuk menjalin silaturahmi dan memperkuat ukhuwah islamiyah antar umat Islam dan alim ulama sebagai tokoh agama Islam, meningkatkan rasa kecintaan kepada Rasulullah SAW melalui sholawat, dan membangun kembali rasa cinta tanah air dan toleransi antar umat beragama.

“Saat ini umat Islam sedang dihadapkan oleh degradasi moral dan akhlak, khususnya pada kalangan remaja. Degradasi moral dan akhlak
terjadi karena perkembangan zaman yang sangat pesat namun tidak diiringi dengan pendidikan moral dan akhlak yang seimbang,” katanya saat ditanya soal latar belakanga acara. 

Menurutnya, penurunan moral dan akhlak berdampak bagi kehidupan umat islam. Hal ini dapat menyebabkan kelunturan terhadap rasa nasionalisme dan toleransi antar umat beragama.

Rasa nasionalisme dan toleransi harus tetap ada dalam jiwa seorang muslim. Tidak adanya rasa nasionalisme dan toleransi dapat menyebabkan seseorang lebih cenderung ke arah radikalisme yang dapat mengancam kehidupan dan ukhwah umat islam.

“Oleh sebab itu, Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Institut Pertanian Bogor (KMNU IPB) mencoba untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda akan perjuangan Rasulullah SAW dalam memperjuangkan Islam dengan diadakannya Institut Pertanian Bogor (IPB)
Bersholawat,” tuturnya. 

IPB Bersholawat tahun ini merupakan yang ke-5. Digelar setiap 2 tahun sekali. Tahun ini mengusung tema “Satukan harmoni, gemakan sholawat nabi, wujudkan generasi cinta NKRI”.

Adi berharap IPB Bersholawat mampu mengobarkan kembali jiwa nasionalisme pemuda Islam.

“Kemudian terjalin silaturahmi dan ukhuwah islamiyah yang kokoh antarumat Islam dan alim ulama sebagai tokoh agama Islam, meningkatnya rasa kecintaan kepada Rasulullah SAW melalui sholawat, embangun semangat kebangsaan dan cinta tanah air Indonesia, dan lebih mendekatkan kampus dengan masyarakat,” harapnya.

Tahun ini IPB Bersholawat ada yang berbeda. Yakni ada grand launching Wakaf Pesantren Nahdlatul Ulama pertama di sekitar kampus IPB.

“Harapan kami dengan adanya wakaf untuk pembangunan Mahad Jawi ini bermanfaat untuk waqif (pewakaf) dan nadzir (penerima wakaf). Waqif berkesempatan untuk investasi akhirat, sedangkan nadzir memiliki ma’had untuk mendidik santri-santri yang akan berdedikasi untuk ummat,” pungkasnya.

Bagi yang ingin menyaksikan acara ini bisa melalui link . (*) 

Konten Bersponsor

Berita lainnya

400 Siswa di Bogor Timur Antusias Ikuti Campus Fair Sukamakmur 2022

Mahasiswa IPB University Gelar Aksi Sobi Back to School

Bogor Catat Rekor Nihil Kasus Covid-19

Momentum IPB Bersholawat, Wakaf Pesantren NU di Sekitar IPB Resmi Dilaunching

Lewat Youth Community Conference, Bogor Youth Forum Ajak Kaum Muda untuk Menginspirasi Banyak Orang

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar