IPB University Gandeng Universitas Khairun Rancang KKN Bersama

kkn
IPB University Gandeng Universitas Khairun Rancang KKN Bersama. (Ist)

Terkini.id, Ternate – Tim KKN-Tematik IPB University (KKN-T IPB) melakukan kunjungan ke Universitas Khairun, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Tim yang diwakili oleh Ketua Komite KKN-T IPB, Ninuk Purnangsih dan anggota komite Yudi Chadirin diterima langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni Syawal Abdulajid. Kunjungan tersebut bertujuan merancang kerjasama kegiatan KKN sebagai salah satu implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Dalam rangka MBKM, semua level harus melakukan kolaborasi. Kolaborasi seperti ini sangat diharapkan untuk menumbuhkembangkan potensi – poetensi yang ada di Provinsi Maluku Utara. Kami sudah mempunyai desa – desa binaan seperti di Desa Meitara dan Desa Mare Gam. Mungkin bisa nanti kita fokus ke sana dan di wilayah – wilayah lain,” ujar Syawal Abdulajid.

Menanggapi hal tersebut, Ninuk Purnangsih sangat berantusias untuk segera menempatkan mahasiswa-mahasiswa terbaik IPB untuk segera terjun ke lapang. Kolaborasi ini bisa diskema dengan KKN bersama di mana yang akan menjadi pengelola adalah universitas lokal, namun dalam pelaksanaannya dilakukan bersama. 

“KKN IPB dalam implementasi MBKM merancang kerjasama dengan universitas atau perguruan tinggi lokal. Lokasi pengabdian dilakukan di daerah ini, lalu kami dari IPB akan menerjunkan mahasiswa dan dosen pembimbing melakukan KKN dengan mahasiswa dan dosen dari universitas tersebut. Nantinya kami berharap akan lebih banyak daerah – daerah di Indonesia khususnya Indonesia Timur yang dapat kita lakukan pengabdian di sana,” katanya dalam keterangan yang diterima Terkini.idSelasa 16 November 2021.

Diharapkan selanjutnya KKN bersama ini dapat dilaksanakan tahun 2022 pada wilayah-wilayah di Provinsi Maluku Utara. Kerjasama ini nantinya bisa segera didokumentasikan dalam perjanjian kerjasama.

Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris LPPM Universitas Khairun, Mufti Amir Sultan dan Ketua Program Studi Magister Ekonomi Universitas Khairun Amran Husen.(Ninuk Purnaningsih)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Identik dengan Mistis, Ternyata begini Sejarah Keramat Talun Cirebon

Mahasiswa KKN-T IPB Bersama Penyuluh Pertanian Lakukan Taksasi Produksi Tanaman Padi Milik Petani Kampung Ciharashas Bogor Selatan

Krisis Petani Muda di Desa Cikarawang dan Solusinya

Dunia Pendidikan Banyak Masalah

Kenali Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar