Himasper IPB Gelar Webinar Festival Air 2021, 97 Peserta Antusias Ikuti Kegiatan

mahasiswa
Webinar Festival Air 2021. (Istimewa)

Terkini.id, Bogor – Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (Himasper), Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB University menggelar kegiatan Webinar Festival Air 2021 dengan mengusung tema “Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan Indonesia dalam Mendukung SDGs 2030”. Kegiatan ini dilaksanakan pada  Minggu, 17 Oktober 2021 yang diikuti oleh 97 orang peserta.

Dalam keterangannya kepada Terkini.id, Rabu 3 November 2021, kegiatan webinar dibuka oleh pembawa acara yaitu Ferry Dwi Kurnianto dan Sri Widianingsih Ambo yang kemudian dilanjutkan oleh laporan ketua pelaksana. Dalam pelaporannya, Aulia Maulana Rusli menyampaikan bahwa Webinar Festival Air 2021 merupakan rangkaian kegiatan terakhir dalam agenda Festival Air 2021, setelah sebelumnya dilaksanakan kegiatan Kompetisi Festival Air 2021 dan Green Belt Conservation 2021. Acara selanjutnya adalah sambutan oleh Ketua Himasper, yaitu Laksamana Rafael Natan yang menyebutkan bahwa kegiatan Festival Air 2021 merupakan salah satu upaya dalam mendukung keseimbangan ekologi, sosial, dan ekonomi, dan juga merupakan bentuk komitmen dari mahasiswa MSP untuk menjaga kelestarian sumberdaya perairan.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dekan FPIK IPB, yaitu Dr. Ir. Fredinan Yulianda, M.Sc. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi kegiatan Festival Air yang sudah banyak memberikan prestasi dalam hal konservasi sumberdaya perairan. Beliau juga berharap melalui kegiatan webinar ini para peserta dapat mencerna ilmu yang disampaikan oleh narasumber agar dapat memperkuat program-progam konservasi selanjutnya.

Narasumber dalam kegiatan Webinar Festival Air 2021 adalah Dr. Ir. Handoko Adi Susanto, M.Sc. selaku Dosen FPIK IPB dan Regional Project Manager of ATSEA-2, Isai Yusidarta, S.T., M.Sc. selaku Kepala SPTN Wilayah I Pulau Kelapa, Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, dan Dedy Eka Syaputra, S.Si., M.Si. selaku Subkoordinator Penataan Kawasan Konservasi Nasional, Ditjen PRL KKP. Penyampaian materi dan sesi diskusi pada kegiatan ini dipandu oleh moderator, yaitu Imanda Hikmat Pradana, S.Pi., M.Sc. yang merupakan Alumni MSP IPB dan Program Manager MA+R Sulawesi Tenggara, RARE.

Materi pertama disampaikan oleh Handoko Adi Susanto yang mengangkat topik “Keseimbangan Ekologi, Sosial, dan Ekonomi dalam Pengelolaan Kawasan Konservasi Laut di Indonesia”. Dalam penyampaian materinya, beliau menyebutkan bahwa kegiatan konservasi bukan hanya tugas KKP atau pemerintah saja, melainkan semua pihak harus terlibat dalam melestarikan ekosistem perairan, khususnya masyarakat dan para generasi muda.

Materi berikutnya disampaikan oleh Isai Yusidarta dengan topik “Implementasi dalam Pemanfaatan dan Pengelolaan Kawasan Perairan (Tingkat Tapak)”, yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Dedy Eka Syaputra dengan topik “Peran Pemerintah dalam Pengelolaan Kawasan Konservasi di Indonesia”.

Kegiatan Webinar Festival Air 2021 ini mendapatkan respon yang baik dari peserta yang mayoritas adalah mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Peserta terlihat antusias selama mengikuti kegiatan Webinar Festival Air 2021.

“Melalui kegiatan webinar ini, kami berharap peserta dapat menambah wawasan mengenai pentingnya melakukan pengelolaan pada kawasan konservasi, khususnya pada ekosistem perairan guna terwujudnya sumberdaya perairan yang berkelanjutan,” kata salah satu panitia penyelenggara. (*)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Identik dengan Mistis, Ternyata begini Sejarah Keramat Talun Cirebon

Mahasiswa KKN-T IPB Bersama Penyuluh Pertanian Lakukan Taksasi Produksi Tanaman Padi Milik Petani Kampung Ciharashas Bogor Selatan

Krisis Petani Muda di Desa Cikarawang dan Solusinya

Dunia Pendidikan Banyak Masalah

Kenali Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar