Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Kabupaten Bekasi Resmi Dikukuhkan Bupati

FPSH HAM Kabupaten Bekasi
Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Kabupaten Bekasi. (Pusinfo Prokopim FPSH HAM Jawa Barat)

Terkini.id, Bekasi – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, para pelajar adalah generasi yang sedang tumbuh dan karakternya dalam proses pembentukan. Mereka adalah potensi dan harapan masa depan.

Kalau mereka disiapkan secara dini dengan karakter yang baik, kata Dani, maka mereka akan menjadi generasi penerus yang lebih baik. Salah satunya karakter sadar hukum dan taat hukum serta HAM.

Pernyataan tersebut disampaikan Dani Ramdan saat mengukuhkan Pengurus Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH dan HAM) dan Penobatan Duta Hukum dan Hak Asasi Manusia tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2021, di Distrik 1 Meikarta Cikarang Selatan, Selasa 14 September 2021.

Pj Bupati Bekasi berharap, setelah para pelajar itu dinobatkan dan ditugaskan sebagai duta, mereka harus bisa menyebarluaskan pemahaman, pemikiran atau konsep-konsep mengenai sadar hukum dan HAM. 

“Mereka juga harus bisa menjadi contoh bagi pelajar yang lain maupun masyarakat,” ujarnya.

Dani juga berharap, pelajar yang di nobatkan sebagai Duta Sadar Hukum dan HAM, diharapkan bisa menjadi pionir, menjadi pelopor dan juga teguh terhadap komitmen sebagai pelajar yang sadar hukum dan HAM.

“Ketika nanti mereka sudah menjadi mahasiswa, menjadi mahasiswa yang sadar hukum. Jika mereka nanti menjadi pekerja atau pengusaha, pejabat ataupun profesi apapun itu tetap menjadi orang yang sadar hukum dan HAM,” ucapnya.

Menurutnya, budaya sadar hukum merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional yang diarahkan untuk membentuk sikap dan perilaku masyarakat agar memahami hak dan kewajibannya, sehingga tercipta kesadaran dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.

“Membangun kesadaran hukum harus dimulai sejak dini agar bisa tertanam dan jadi kebiasaan sehari-hari, sehingga kaum muda berkembang menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab, taat dan patuh pada aturan dengan kesadaran penuh,” tandasnya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Bantah Kegiatan FPSH HAM Hanya Seremonial Saja, Nandi: Mainnya Kurang Jauh

Lagu Sayangi Ayah Bunda Ajarkan Anak Mencintai Orang Tua

Mahasiswa IPB Univeristy Kaji Digital Nomadic Tourism di Bali

Kolaborasi Mahasiswa Universitas Subang dengan Desa Simpar Beri Edukasi Terkait Covid-19 pada Masyarakat

Prihatin karena Buah Pedada di Desa Betara Kanan Tidak Dimanfaatkan Secara Optimal, Mahasiswa IPB Buat Inovasi UltraPed

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar