Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ Gelar Webinar Pengabdian Kepada Masyarakat

Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ Menggelar Webinar Pengabdian Kepada Masyarakat
Webinar pengabdian kepada masyarakat. (Terkini.id)

Terkini.id, Jakarta – Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Menggelar Webinar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema ‘Menciptakan Pembelajaran Daring yang Menyenangkan dengan Platform Sederhana. Sabtu, 14 Agustus 2021.

Acara ini bekerja sama dengan Gugus III Cilaku Propinsi Jawa Barat dan dilaksanakan secara daring melalui Zoom.

Webinar yang dibuka secara resmi oleh Direktur Pascasarjana UNJ Prof. Dedi Purwana ini diikuti oleh sekitar 240 peserta yang terdiri dari para guru, dosen, mahasiswa dan masyarakat umum. Selain dihadiri oleh Koordinator Program Studi Teknologi Pendidikan Dr. Eveline Siregar dan Ketua Gugus III Cilaku Nurul Bariyati, S.Pd, hadir juga narasumber Dr. Uwes Chaeruman dan Dr. Cecep Kustandi.

Dr. Uwes meyampaikan materi tentang Menghidupkan Pembelajaran Daring menjadi Lebih Hidup dan Dr. Cecep menyampaikan materi tentang Pemanfaatan Aplikasi Penunjang Pembelajaran Daring.

Dalam paparannya, Dr. Uwes mengatakan bahwa teknologi boleh berubah tetapi satu hal yang tidak akan pernah berubah yaitu menciptakan pengalaman belajar.

“Teknologi boleh berubah dan pasti berkembang dengan pesat, tetapi satu hal yang tidak akan pernah berubah dalam pembelajaran menggunakan teknologi apapun yaitu menciptakan pengalaman belajar,” jelas Dr. Uwes dalam paparan materinya.

Antusias dari peserta webinar sangatlah tinggi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta webinar yang mengajukan pertanyaan kepada Dr. Uwes terkait pembelajaran di masa pandemi ini.

Paparan yang disampaikan oleh Dr. Cecep lebih kepada praktek menggunakan aplikasi gather.town. Aplikasi ini sangatlah menarik untuk digunakan oleh para guru atau dosen dalam melaksanaan pembelajaran daring. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang meminta kepada Dr. Cecep untuk menyediakan waktu khusus melatih aplikasi pembelajaran bagi para guru.

Dari sajian materi yang dipaparkan Dr. Cecep, satu hal yang digarisbawahi beliau soal peran guru dalam hal perkembangan zaman ini yang tidak akan pernah tergantikan.

“Secanggih apapun aplikasinya, peran guru tetap tidak tergantikan,” paparnya menguatkan pentingnya sosok guru.

Kegiatan PKM Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ ini tidak hanya sampai disini saja, masih akan ada sesi daring selanjutnya yang akan dilaksanakan di bulan Agustus ini dan sesi luring yang akan dilaksanakan di bulan September. Kegiatan selanjutnya akan diikuti oleh para guru dari Gugus III Cilaku. (Soleh)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Kabupaten Bekasi Resmi Dikukuhkan Bupati

Bantah Kegiatan FPSH HAM Hanya Seremonial Saja, Nandi: Mainnya Kurang Jauh

Lagu Sayangi Ayah Bunda Ajarkan Anak Mencintai Orang Tua

Mahasiswa IPB Univeristy Kaji Digital Nomadic Tourism di Bali

Kolaborasi Mahasiswa Universitas Subang dengan Desa Simpar Beri Edukasi Terkait Covid-19 pada Masyarakat

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar