Himasiera IPB University Adakan Speak Up, Act, and Care, Pesertanya dari Seluruh Indonesia

Himasiera IPB University.
SPACE Himasiera IPB University diikuti peserta dari seluruh Indonesia.

Terkini.id, Bogor – Himpunan Mahasiswa Peminat Ilmu-ilmu Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (Himasiera) IPB University mengadakan  Speak Up, Act, and Care (SPACE 1.0).

Kegiatan Himasiera IPB University itu bekerja sama dengan Yayasan Lentera Sintas Indonesia. Peserta yang mengikuti dari Siswa SMP hingga kuliah dari seluruh Indonesia pada Sabtu, 7 Agustus 2021.

Ketua pelaksana Fadilah mengatakan, kegiatan ini berfokus pada Kesehatan mental dan kali ini mengangkat tema “Speak Up to Sexual Harassment”. 

Dilaksanakan karena topik ini sangat ramai di perbincangkan di masa pandemi seperti ini bisa dilihat dari banyaknya kasus mental health di kalangan masyarakat dan di media sosial, terutama TikTok. 

“Kekerasan seksual menjadi tema paling menarik untuk diangkat karena semakin maraknya pelecehan sekual yang terjadi di kalangan masyarakat bahkan yang secara online seperti melalui comment section di media sosial

,” kata Fadilah kepada Bogor Terkini, Senin 16 Agustus 2021.

Ia melanjutkan, kegiatan berlangsung dengan sangat baik dan tepat waktu dengan dua agenda yaitu webinar dan donasi. 

Dalam webinar ada tiga kegiatan yang terangkum yaitu talkshow “Sexual Harassment”, diskusi interaktif, dan kampanye kreatif. 

“Talkshow ‘Sexual Harassment’ menghadirkan dua pembicara hebat yaitu Ibu Dian Wisnuwardhani, M.Psi yang merupakan seorang psikolog dan dosen psikologi UI, serta kak Maria Immaculata yang merupakan seorang Penyintas Pemerkosaan dan Penulis E-Book A Night to Remember,” tutur mahasiswa IPB University ini.

Saat sesi talkshow dan diskusi dipandu langsung oleh moderator Rhesya Agustine Selaku Executive Director dari Yayasan Lentera Sintas Indonesia. 

“Sedangkan kegiatan ketiga yaitu kampanye kreatif, kami menampilkan video campaign dari semua panitia tentang ‘Sexual Harasment’ dan menghadirkan guest star yaitu Bintan Radhita,” terangnya. 

Selain itu, lanjut dia, di Kampanye kreatif juga melakukannya dalam bentuk Challenge filter, di mana setiap peserta menggunakan “filter space 1.0 di Instagram Himasiera demi menyebarluaskan informasi bahwa harus lebih aware terhadap kekerasan seksual dan berani speak up. 

“Untuk donasi dalam rangka mendukung gerakan #HandsOff kami selaku panitia membuka penggalangan donasi yang telah disalurkan ke Yayasan Lentera Sintas Indonesia. Donasi yang terkumpul sebesar 4.168. 385,” jelasnya. 

Ia berharap, dari kegiatan tersebut peserta webinar mendapat wawasan, ilmu, dan kesadaran tentang mental healt terutama dalam kekerasan sexual. 

“Mari sama-sama speak up tentang ini,” pungkasnya. (*)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Kabupaten Bekasi Resmi Dikukuhkan Bupati

Bantah Kegiatan FPSH HAM Hanya Seremonial Saja, Nandi: Mainnya Kurang Jauh

Lagu Sayangi Ayah Bunda Ajarkan Anak Mencintai Orang Tua

Mahasiswa IPB Univeristy Kaji Digital Nomadic Tourism di Bali

Kolaborasi Mahasiswa Universitas Subang dengan Desa Simpar Beri Edukasi Terkait Covid-19 pada Masyarakat

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar