GEKA.id Launching, Mitra PKM-PM Mahasiswa IPB University di SMAN 1 Bangkinang Kota Beri Apresiasi

PKM-PM GEKA.id
Penyerahan simbolis Buku Pintar GEKA.id. (Terkini.id)

Terkini.id, Kampar – Mahasiswa IPB Unversity berinovasi membuat GEKA.id untuk mencegah seks bebas bagi remaja. Saat ini, inovasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) itu berfokus di Kabupaten Kampar. Setelah sukses di Kampar, tim GEKA.id rencananya akan melebarkan sayap hingga ke nasional.

Ketua PKM-PM GEKA.id Rizki Aditya Putra mengatakan, GEKA.id adalah Gerakan Kampar Anti Free-sex, sebuah program berbasis web yang digunakan sebagai sarana komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) dalam pencegahan seks bebas.

Saat ini GEKA.id bermitra dengan salah satu ekstrakurikuler di SMAN 1 Bangkinang Kota, Kampar, Riau yakni Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Klorofil.

“Program GEKA.id merupakan terobosan inovasi untuk mengatasi masalah vakumnya kegiatan PIK-R Klorofil selama pandemi Covid-19,” kata Rizki dalam keterangannya, Minggu 8 Agustus 2021.

Ia berharap, program GEKA.id dapat menjadi solusi dalam penyelesaian masalah mitra yang merupakan progam literasi digital berbasis KIE yang bisa dikelola oleh PIK-R di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota dalam upaya mengedukasi remaja tentang bahaya seks bebas dalam menjaga kesehatan alat reproduksi remaja di Kabupaten Kampar.

“Media KIE seperti GEKA.id dinilai menarik karena selain visualisasi materi yang dapat divariasikan secara menarik dan menyenangkan, web juga tidak memerlukan penyimpanan internal perangkat, adaptif dengan berbagai sistem perangkat gawai, dan dapat diakses melalui laptop,” tuturnya.

Sementara itu, Dosen Pendamping PKM-PM GEKA.id Ninuk Purnaningsih menjelaskan, GEKA.id adalah program kreativitas mahasiswa bidang pengabdian masyarakat yang merupakan karya mahasiswa IPB University di tengah pandemi Covid-19.

“Terima kasih kepada SMAN 1 Bangkinang Kota yang telah memberikan izin dan kesempatan kepada tim GEKA.id,” ucapnya saat momen launching GEKA.id, Kamis (5/8/2021).

Dosen IPB University itu berharap, web GEKA.id bisa bermanfaat sebagai media informasi untuk pembinaan di Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Tidak hanya di SMAN 1 Bangkinang Kota, tapi juga bisa direplikasikan di sekolah-sekolah lain.

“Mudah-muadahan ini bisa dilanjut dan menjadi program pelengkap di SMAN 1 Bangkinang Kota. Mudah-mudahan menjadi prestasi di sekolah dan di Kabupaten Kampar,” ucapnya.

Pembina PIK-R Klorofil SMAN 1 Bangkinang Kota Meizul Ofriananda mengapreisasi kehadiran GEKA.id ini. Menurut dia, GEKA.id hadir sebagai gerakan untuk mencegah seks bebas bagi remaja yang saat ini sedang marak-maraknya terjadi.

“Apresasi saya buat tim GEKA.id dari dua bulan yang lalu kita sudah berkumpul, bertemu, dan membicarakan ini yang mana sasarannya adalah PIK-R Klorofil di SMAN 1 Bangkinang Kota,” kata Meizul.

Hal senada dikatakan Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Bangkinang Kota Ade Nofitri, menurut dia, GEKA.id berdampak terhadap anak-anak khususnya di SMAN 1 Bangkinang Kota.

“Kami akan share ke grup-grup kelasnya masing-masing agar mereka paham terhadap tujuan web ini. Mohon maaf kepada tim GEKA.id mungkin kurang pelayanan kami di sini,” pungkasnya. (*)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Kabupaten Bekasi Resmi Dikukuhkan Bupati

AMSI Sulawesi Selatan Adakan Training Literasi Berita, Berikan Insight Baru Bagi Peserta

Bantah Kegiatan FPSH HAM Hanya Seremonial Saja, Nandi: Mainnya Kurang Jauh

Lagu Sayangi Ayah Bunda Ajarkan Anak Mencintai Orang Tua

Mahasiswa IPB Univeristy Kaji Digital Nomadic Tourism di Bali

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar