Mahasiswa KKN-T IPB University Beri Edukasi Vaksinasi Covid-19 dan Kiat Jaga Imunitas di Masa Pandemi
Komentar

Mahasiswa KKN-T IPB University Beri Edukasi Vaksinasi Covid-19 dan Kiat Jaga Imunitas di Masa Pandemi

Komentar

Terkini.id, Bogor – Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan, terlebih di masa pandemi ni banyaknya kasus yang meninggal dunia karena terpapar virus Covid-19.

Salah satu upaya untuk mencegah terpapar virus tersebut yaitu dengan melakukan vaksinasi. Namun, hasil survei membuktikan bahwa kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk melkukan vaksinasi karena masih ada rasa takut dan lain sebagainya .

Adanya program Kuliah Kerja Nyata (KKN-T) yang diselenggarakan IPB tepatnya di Kelurahan Cilendek Barat,  yang terdiri dari Arief Furqon, Arief Rahman, Muhammad fauzan, Lukman, Nita, Revi, Nabila, Nasya, Sumi dan Saski yang dibimbing oleh Ibu Lindawati Kartika telah melangsungkan kegiatan pelatihan untuk masyarakat terkait vaksinasi Covid-19 untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya vaksinasi Covid-19.

“Pada tanggal 18 Juli 2021 telah terlaksana program kerja kedua dari Kelompok KKN di Kelurahan Cilendek Barat yaitu kegiatan berupa seminar online dengan tema acara Edukasi Vaksinasi Covid-19 dan Kiat Menjaga Imunitas di Masa Pandemi,” kata Ketua Kelompok KKN-T Arief Furqon, Senin 2 Agustus 2021.

Ia menerangkan, kegiatan webinar ini turut mengundang pembicara yang ahli pada bidangnya, yaitu Dr. Asturi Putri, MARS dari Ikatan Dokter Indonesia, dan dihadiri oleh 51 peserta yang terdiri dari warga sekitar dan mahasiswa.

Baca Juga

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC yaitu Arief Furqon, dan dilanjut dengan  sambutan oleh pembimbing yaitu Ibu Lindawati Kartika,S.E.,M.Si. Setelah itu dilanjut dengan acara inti yang diisi oleh pembiacara dari Ikatan Dokter Indonesia yaitu Dr. Asturi Putri, MARS dengan tema Edukasi Vaksinasi Covid-19 dan Kiat Menjaga Imunitas di Masa Pandemi.

Setelah penyampaian materi oleh keynote speaker dan para pembicara, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta, kemudian penutupan oleh kelompok KKN-T saudara Lukman.

Tujuan utama diselenggarakan seminar online vaksinasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran warga Kelurahan Cilendek Barat untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 yang sangat membantu untuk menjaga imunitas tubuh di masa pandemi.

“Vaksin Covid-19 akan mendorong pembentuka kekebalan tubuh pada penyakit Covid-19 agar terhindar dari tertular ataupun kemungkinan sakit berat. Meskipun sudah di vaksin, warga sekitar diharapkan selalu menerapkan protokol kesehatan yang berlaku seperti 5 M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” tutur Arief.

Kata dia, terselenggaranya acara ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, terutama warga Kelurahan Cilendek Barat yang sudah mengizinkan kelompok KKN-T Bogor Kota 02 mengadakan seminar online terkait vaksinasi.

Selain itu, dukungan sebesar-besarnya diberikan oleh dosen pembimbing lapangan yang bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengundang pembicara yang ahli dalam bidangnya. Besar harapan seluruh warga Indonesia tidak takut lagi untuk melaksanakan vaksinasi dan selalu menjaga imunitas tubuh di masa pandemi. (*)