Peringati Hari Otda XXV, Wapres Ma’ruf Amin Beri Pesan ke Pemerintah Daerah

Wapres Ma;ruf Amin
Wakil Presiden, Ma'ruf Amin. (Dok. KIP/Setwapres)

Terkini.id, Jakarta – Memperingati Hari Otonomi Daerah (Otda) ke- XXV, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memberikan pesan kepada seluruh pemerintah daerah untuk berinovasi meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

Ma’ruf meminta agar pemerintah daerah yang sebagai ujung tombak pemerintahan dapat menjadi contoh dan pelopor dalam berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“(Selain itu) dalam menegakkan protokol kesehatan (Covid-19) dan menyukseskan program vaksinasi di seluruh Indonesia,” sambung Ma’ruf secara virtual, Senin, 26 April 2021.

Menurut wapres, pelaksanaan otonomi daerah yang berkualitas membutuhkan kepemimpinan adaptif. Pemimpin yang mampu menghadapi berbagai situasi dengan cepat dan tepat dalam bertindak dan berorientasi terhadap pemecahan masalah dengan selalu menyesuaikan dirinya dengan perubahan dan keadaan baru. 

“Selamat Hari Otonomi Daerah, bangun semangat kerja dan tingkatkan gotong-royong di masa pandemi Covid-19 untuk masyarakat sehat, ekonomi daerah bangkit, dan inovasi maju,” ucapnya.

Sementara itu,  Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian mengatakan,  peringatan Hari Otonomi Daerah bukan hanya peringatan seremonial yang diselenggarakan secara rutin, namun memiliki makna yang sangat dalam.  

“Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV tahun 2021 ini menjadi momentum kepala daerah dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19,” kata Tito.

“Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021, dengan tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19, untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju,” menjadi momentum kepala daerah dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19,” papar Tito.

Tito menyebut kepala daerah sedang diuji kehebatannya dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan merumuskan kebijakan dan solusi yang berdampak positif bagi masyarakat. Hal ini penting karena pandemi memberikan dampak multidimensi terhadap pembangunan di daerah.

“Kita melihat momentum peringatan Hari Otda ke-25 ini, adalah challenge bagi semua kepala daerah, ketika mereka berhasil keluar dari dampak sosial dan dampak ekonomi pandemi Covid, di situlah kepala daerah yang hebat,” pungkas Tito.

Peringattan Hari Otonomi Daerah ke- XXV ini mengangkat tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19 untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju”. (*)

Sumber: Diskominfo Kab. Bogor

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Polri Rencana Rekrut 56 Pegawai KPK yang Tak Lolos TWK, Rocky Gerung Beri Tanggapan Ini

50 Siswa SMA Puspa Bangsa Ikuti Gladi Asesmen Nasional Berbasis Komputer

Relawan Mahasiswa IPB Beri Kado Spesial untuk Petani di Hari Tani Nasional

Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Kabupaten Bekasi Resmi Dikukuhkan Bupati

AMSI Sulawesi Selatan Adakan Training Literasi Berita, Berikan Insight Baru Bagi Peserta

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar