Peran Penting Satuan Karya dalam Pembangunan di Kabupaten Bogor

Ketua Kwarcab Bogor
Ketua Kwarcab Bogor saat menyematkan tanda jabatan pimpinan satuan karya. (Kominfo Kwarcab Bogor)

Terkini.id, Cibinong – Para pimpinan satuan karya (saka) Kwarcab Kabupaten Bogor resmi dilantik oleh ketua kwarcab, Jumat, 23 April 2021. Pelantikan tersebut dihadiri oleh Bupati Bogor Ade Yasin selaku ketua mabicab.

Salah satu pimpinan saka Tenny Ramdhani mengatakan, pembentukan saka-saka yang berada di Kabupaten Bogor justru sangat berperan untuk membantu kwarcab dan kwarran. Hal tersebut dalam rangka mendukung kegiatan sesuai bidangnya masing-masing.

“Ada dari kalpataru, bhayangkara, dan lain-lain. Nah, kami dari kepariwisataan banyak sekali kegiatan-kegiatan yang bisa bersinergi dengan teman-teman dari Pramuka untuk sektor pariwisata,” kata pimpinan Saka Pariwisata Kwarcab Kabupaten Bogor ini di Ruang Serba Guna I Sekretariat Daerah, Cibinong.

Tenny menyebut di Kabupaten Bogor ada beberapa hal yang harus dibenahi, seperti Koperasi Pariwisata yang saat ini memang harus disinergikan bersama-sama.

Menurut dia, Pramuka sangat berpeluang dalam meningkatkan sektor pariwasata. Tenny menyebut, di masa pandemi Covid-19 sektor pariwisata sangat terdampak. 

“Adanya Saka Pariwisata ini justru untuk membantu kami membangkitkan sekaligus memulihkan kembali ekonomi sektor pariwisata di Kabupaten Bogor,” ujar Kepala Bidang Destinasi Wisata, Dinas Kebudayaam dan Pariwisata Kabupaten Bogor ini.

Terlibatnya Gerakan Pramuka dalam sektor pariwisata menurut Tenny bisa melakukan transfer knowledge tentang pariwisata dan pembangunan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19. 

“Kita butuh bantuan dari kader-kader Pramuka,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, satuan karya Pramuka merupakan upaya revitalisasi Gerakan pramuka dan harus sesuai dengan keputusan Kwartir Nasional Gerakan pramuka Nomor 170.A Tahun 2008 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka.

“Agar upaya revitalisasi efektif, maka saka harus dibentuk berdasarkan kelompok minat di bidang keterampilan, ilmu pengetahuan, dan teknologi tertentu,” ujarnya.

Menurut Ade, kegiatan saka harus mengarah kepada pendidikan dan pembinaan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman. Hal tersebut dilakukan melalui praktik serta model kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

“Pesan saya agar senantiasa menjalankan tri satya, dasa darma, aturan saka, serta memperkaya wawasan dan keterampilan para anggota saka,” pesan Ade kepada pimpinan saka yang telah dilantik.

Reporter: MHT (Kominfo Kwarcab Bogor)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Polri Rencana Rekrut 56 Pegawai KPK yang Tak Lolos TWK, Rocky Gerung Beri Tanggapan Ini

50 Siswa SMA Puspa Bangsa Ikuti Gladi Asesmen Nasional Berbasis Komputer

Relawan Mahasiswa IPB Beri Kado Spesial untuk Petani di Hari Tani Nasional

Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Kabupaten Bekasi Resmi Dikukuhkan Bupati

AMSI Sulawesi Selatan Adakan Training Literasi Berita, Berikan Insight Baru Bagi Peserta

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar