Ketua Kwarcab Bogor: Pembinaan Satuan Karya Sesuai Minat dan Bakat

Ketua Kwarcab Bogor
Ketua Kwarcab Bogor dalam pelantikan pimpinan satuan karya. (Kominfo Kwarcab Bogor)

Terkini.id, Cibinong – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor, Agus Ridallah melantik pimpinan satuan karya (saka). Beberapa pimpinan saka yang dilantik pada Jumat, 23 April 2021 ini di antaranya Saka Bakti Husada, Saka Kalpataru, Saka Wanabakti, Saka Wirakartika, Saka Tarunabumi, Saka Pariwisata, dan Saka Yhuda Brama Jaya.

Agus mengatakan, anggota Pramuka di Kwarcab Kabupaten Bogor dari anggota muda hingga dewasa mencapai 328 ribu. Dari jumlah tesebut, 21 ribu di antaranya merupakan anggota Pramuka Penegak dan Pandega. Jumlah ini menjadi tantangan bagi Kwarcab Kabupaten Bogor agar bisa memaksimalkan dengan baik.

“Di sinilah peran kakak-kakak sekalian melakukan pembinaan dan pengembangan sesuai bidangnya masing-masing melalui satuan karya,” kata Agus dalam sambutannya.

Ketua kwarcab ini menerangkan, di Kwarcab Kabupaten Bogor terdapat 12 saka yang aktif, di antaranya Saka Bhayangkara, Saka Wirakartika, Saka Dirgantara, Saka Bakti Husada, Saka Kencana, Saka Wanabakti, Saka Taruna Bumi, Saka Adiyasa Pemilu, Saka Kalpaaru, Saka Pariwisata, dan Saka Yhuda Brama Jaya. 

Menurut Agus, hal terpenting adalah anggota Penegak dan Pandega bisa mengikuti pembinaan dari saka-saka tersebut. Dengan pembinaan melalui saka mereka akan lebih spesifik sesuai minat dan bakatnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang terus mendukung dari anggaran maupun kebijakan. Kegiatan kakak (ketua mabicab) dalam berbagai kegiatan sangat berarti bagi kami,” tutur Agus.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin selaku ketua mabicab yang hadir pada pelantikan ini mengatakan, satuan karya Pramuka merupakan upaya revitalisasi Gerakan pramuka dan harus sesuai dengan keputusan Kwartir Nasional Gerakan pramuka Nomor 170.A Tahun 2008 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka.

“Namun, selama ini kegiatan saka masih kurang optimal, sehingga perlu dibentuk kembali saka di tingkat Kabupaten Bogor yang berbasis instansi atau perangkat daerah sebagai anggota dewasa,” kata Ade di Ruang Serbaguna I Sekretariat Daerah, Cibinong.

Instansi atau perangkat daerah tersebut, lanjut Ade, berdedikasi untuk mengakomodir minat dan bakat anggota Pramuka untuk disalurkan pada kegiatan saka yang ada di instansi atau perangkat daerah.

“Agar upaya revitalisasi efektif, maka saka harus dibentuk berdasarkan kelompok minat di bidang keterampilan, ilmu pengetahuan, dan teknologi tertentu,” ujarnya.

Lebih lanjut ketua mabicab ini menegaskan, kegiatan saka harus mengarah kepada pendidikan dan pembinaan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman. Hal tersebut dilakukan melalui praktik serta model kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

“Pesan saya agar senantiasa menjalankan tri satya, dasa darma, aturan saka, serta memperkaya wawasan dan keterampilan para anggota saka,” pesan Ade kepada pimpinan saka yang telah dilantik.

Sebagai motivasi, Ade Yasin mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendukung kegiatan keanggotaan dan organisasi Gerakan Pramuka sejalan dengan cita-cita Kwarcab Kabupaten Bogor masa bakti 2020-2025 untuk menjadi Kwartir Cabang Termaju di Indonesia.

Pelantikan pengurus saka yang digelar di Ruang Serbaguna I Sekretariat Daerah, Cibinong ini menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Hadir pada pelantikan tersebut di antaranya Bupati Bogor selaku ketua mabicab, ketua kwarcab yang melantik, Dewan Kehormatan Pramuka Kabupaten Bogor, ketua dan sekretaris kwarran se- Kabupaten Bogor, pelatih pusdiklatcab, pengurus DKC, dan anggota saka tingkat Kabupaten Bogor.

Reporter: MHT (Kominfo Kwarcab Bogor)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Polri Rencana Rekrut 56 Pegawai KPK yang Tak Lolos TWK, Rocky Gerung Beri Tanggapan Ini

50 Siswa SMA Puspa Bangsa Ikuti Gladi Asesmen Nasional Berbasis Komputer

Relawan Mahasiswa IPB Beri Kado Spesial untuk Petani di Hari Tani Nasional

Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Kabupaten Bekasi Resmi Dikukuhkan Bupati

AMSI Sulawesi Selatan Adakan Training Literasi Berita, Berikan Insight Baru Bagi Peserta

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar