“SMANCIS Peduli” Gebrakan Baru SMAN 1 Cisarua

SMANCIS Peduli
Tim SMANCIS Peduli saat mengunjungi posko bencana di Gunung Mas, Puncak, Bogor. (Terkini.id)

Terkini.id, Bogor – Terjadinya banjir bandang di kawasan Gunung Mas, Puncak, Bogor pada Selasa, 19 Januari 2021 membuat SMAN 1 Cisarua mendirikan wadah kepedulian bernama SMANCIS Peduli. Wadah ini diinisiasi oleh para guru sebagai gerakan peduli sesama manusia.

Dibentuknya wadah SMANCIS Peduli sebagai bentuk ungkapan kasih sayang sesama makhluk hidup yang diimpelentasikan dengan rasa peduli terhadap lingkungan. Mulai dari lingkup terkecil hingga lingkup yang besar. 

“SMANCIS Peduli bencana banjir bandang Gunung Mas hanya sebuah lingkup kecil yang merupakan langkah awal untuk mewujudkan cinta lingkungan,” kata salah satu guru SMAN 1 Cisarua, Dwi Handoko, S. Kom.

Menurut dia, SMAN 1 Cisarua sebagai lembaga satuan pendidikan turut serta dalam program peduli. Hal ini sebagai wujud pembuktian tercapainya karakter peserta didik dan seluruh civitas satuan pendidikan yang peduli dan kasih sayang terhadap sesama.

“Kami juga melakukan kerja sama dengan relawan-relawan lingkungan hidup seperti relawan Cisadane Resik, relawan Bela Alam, relawan Pakwan Institute, dan lain-lain yang bertujuan sama, yaitu peduli terhadap sesama. Semakin kita peduli, kita semakin kuat,” tambahnya.

Sementara itu, Waka Kesiswaaan SMAN 1 Cisarua, Leli Rahman, S. Pd. menerangkan, kegiatan SMANCIS Peduli bermula dari kepedulian terhadap musibah yang terjadi pada warga di wilayah Kecamatan Cisarua. 

“Diantaranya ada beberapa peserta didik kami yang juga terdampak dan terkena musibah,” terangnya.

Terdapat 3 tujuan dibentuknya SMANCIS Peduli. Pertama, membantu meringankan beban korban bencana. Kedua, menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama di kalangan pelajar, khususnya di lingkungan SMAN 1 Cisarua yang melibatkan semua unsur. Ketiga, menjalin rasa kekeluargaan antar sesama.

SMANCIS Peduli dibantu anggota Pramuka dan komite dalam pendistribusian ke posko bencana di Gunung Mas, Puncak, Bogor. (Terkini.id)

“Semoga dengan adanya gerakan peduli ini dapat membantu meringankan beban korban. Program kepedulian ini akan masuk ke dalam program kesiswaan terutama pada organisasi siswa (OSIS) untuk menumbuhkan rasa kepedulian antar sesama,” tutup waka kesiswaan itu, Jumat, 22 Januari 2021.

Menanggapi adanya SMANCIS Peduli, Komite SMAN 1 Cisarua, Dadan Cahyadi mengatakan, SMANCIS Peduli adalah suatu kegiatan yang sangat mulia dengan asas gotong royong dan peduli terhadap apa yang dirasakan oleh sesama pada saat menghadapi musibah.

“Harapannya hal seperti ini harus dipertahankan dan disosialisasikan kepada seluruh alumni agar asas kekeluargaan kita dapat terjalin dengan baik sesuai dengan tupoksinya,” kata Dadan.

Tergerak

Menurut Riri Nurwulandari, S. Pd., bencana alam yang terjadi di kawasan Gunung Mas merupakan sesuatu yang tidak pernah terbersit sama sekali, tapi atas kuasa Allah SWT tidak ada korban jiwa. Hanya menyisakan kerugian materil. Di kawasan Gunung Mas ini banyak ditinggali warga yang putra-putrinya bersekolah di SMAN 1 Cisarua.

“Oleh karena itu saya dan rekan-rekan yang lain tergerak untuk melakukan penggalangan bantuan dalam bentuk apapun bagi masyarakat, khususnya siswa SMAN 1 Cisrua yang terdampak bencana,” kata Riri, Kamis, 21 Januari 2021.

Ia menyadari bahwa bantuannya tidak seberapa, tapi setidaknya masih peduli demi rasa kemanusiaan. 

“Alhamdulillah juga kami dibantu oleh anggota Pramuka dari ambalan Kiandika pangkalan SMAN 1 Cisarua dengan langsung merespon arahan dari kami serta memberikan fasilitas posko bantuan dari warga SMAN 1 Cisarua,” ucap dia.

Pembina Pramuka itu berharap, kedepannya kawasan Gunung Mas tetap menjadi tempat yang indah dan aman. Bagi masyarakat yang terdampak bencana bisa cepat bangkit dan melanjutkan kehidupannya seperti sedia kala.

Untuk diketahui, donasi yang dibuka oleh SMANCIS Peduli dimulai dari 19 hingga 22 Januari 2021. Selama 4 hari, donasi terkumpul sebanyak Rp. 2.700.000 dan beberapa bantuan dalam bentuk logistik.

Uang hasil donasi dibelanjakan untuk peserta didik SMAN 1 Cisarua yang terdampak. Sementara bantuan berupa logistik akan disalurkan ke posko oleh OSIS dan MPK SMAN 1 Cisarua. Dalam donasi ini juga SMANCIS Peduli dibantu oleh beberapa pihak, seperti OSIS, MPK, Pramuka, Berbagi Bekal, dan lainnya.

SMANCIS Peduli menerima bantuan untuk disalurkan ke posko bencana. (Terkini.id)

SMANCIS Peduli mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah menyalurkan sebagian rezekinya untuk membantu dan meringankan korban bencana di Gunung Mas, Puncak, Bogor. (MHT)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Polri Rencana Rekrut 56 Pegawai KPK yang Tak Lolos TWK, Rocky Gerung Beri Tanggapan Ini

50 Siswa SMA Puspa Bangsa Ikuti Gladi Asesmen Nasional Berbasis Komputer

Relawan Mahasiswa IPB Beri Kado Spesial untuk Petani di Hari Tani Nasional

Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Kabupaten Bekasi Resmi Dikukuhkan Bupati

AMSI Sulawesi Selatan Adakan Training Literasi Berita, Berikan Insight Baru Bagi Peserta

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar