Didukung Rumah Beta Foundation, Ranger of Change IPB Bagi-bagi Donasi di Sekitar Kampus
Komentar

Didukung Rumah Beta Foundation, Ranger of Change IPB Bagi-bagi Donasi di Sekitar Kampus

Komentar

Terkini.id, Bogor – Akhir tahun 2020 tidak lewati begitu saja. Justru menjadi momentum untuk berbagi kebaikan. Hal ini dilakukan oleh Ranger of Change (ROC) IPB yang merupakan kolaborasi Kementerian Lingkungan Hidup BEM KM IPB bersama Kader Lingkungan IPB dan Rumah Beta Foundation. Kegiatan ini memiliki fokus tema Circular Economy dalam upaya menjaga lingkungan di sekitar.

Melalui berbagai talk show atau webinar serta pelatihan yang telah dilakukan, ROC dari berbagai kampus (yakni ROC UI, ROC Mercubuana, ROC LSPR) termasuk ROC IPB yang berisikan anggota Kader Lingkungan IPB diharapkan mampu menjadi pionir pelaksana circular economy di lingkungannya masing-masing, baik di sekitar kampus maupun di sekitar rumah.

Sosial Cause yang dilakukan oleh ROC IPB adalah dengan memberikan bantuan berupa bahan-bahan pokok untuk unsur-unsur di dalam kampus maupun di luar kampus yang membutuhkan bantuan, seperti 3 mahasiswa yang tidak pulang (menetap di asrama), ojek POKI, dan pejuang lingkungan (re: pemulung). Bantuan sejumlah uang juga disalurkan ke panti asuhan Darusholihat Bogor.

Didukung Rumah Beta Foundation, Ranger of Change IPB Bagi-bagi Donasi di Sekitar Kampus
Pembagian donasi Ranger of Change IPB. (Terkini.id)

“Kami berharap semoga dengan kegiatan yang telah dilaksanakan ini menjadi penyemangat buat kita untuk terus menjaga atau berbuat baik bagi lingkungan, karena sejatinya berbuat baik bagi lingkungan juga berarti berbuat baik untuk sesama (manusia),” kata Muhammad Miftah Fadhlurrahman, pendamping ROC IPB, Rabu, 30 Desember 2020.

Ketua ROC IPB Latif Hidayatul Ikhsan mengatakan, Ranger of Change IPB mengedukasi masyarakat di masa pandemi tentang masalah sampah dan circular economy. Pihaknya mendapatkan kepercayaan donasi paling banyak sebesar 5.700.000 dan  melakukan misi yang dilaksanakan pada Selasa, 29 Desember 2020.

Baca Juga

“Kami memberikan donasi itu dalam bentuk barang kepada orang-orang yang ada di sekitar IPB. Mereka bergantung sekali dengan mahasiswa. Kondisi pandemi seperti ini mahasiswanya pada belajar di rumah, jadi mereka terdampak,” terang Latif.

Ia berharap, dari donasi ini setidaknya memberi keringanan kepada mereka yang terdampak. Selain itu, juga dapat mengelola lingkungan dengan baik. 

“Agar kita sebagai manusia mendapatkan dampak yang baik juga bagi lingkungan,” tutup mahasiswa Fakultas Pertanian itu.

Didukung Rumah Beta Foundation, Ranger of Change IPB Bagi-bagi Donasi di Sekitar Kampus
Pemberian donasi Ranger of Change IPB. (Terkini.id)

Sementara itu, Koordinator Projeck ROC IPB Rimba Basuki menyebut kegiatan ini bermanfaat. Selain bermanfaat dalam pengelolaan sampah, juga bermanfaat bagi lingkungan dan orang-orang sekitar.

“Kegiatan ini dari megumpulkan sampah yang kami pilah. Kemudian dikumpulkan di bank sampah yang ada di Bogor. Dari situ kita mendapat support dan dana. Ternyata sampah juga memberikan dampak positif. Contohnya aja ini, kita bisa membantu orang, walau gak banyak tapi merasa terbantu,” pungkas pria yang sering menjadi MC di mana-mana. (MHT)