Pramuka Jadi Duta Sanitasi, Waka Abdimas Kwarcab Kabupaten Bogor: Bakti Pramuka kepada Masyarakat
Komentar

Pramuka Jadi Duta Sanitasi, Waka Abdimas Kwarcab Kabupaten Bogor: Bakti Pramuka kepada Masyarakat

Komentar

Terkini.id, Bogor – Kwartir Ranting Klapanunggal kerja sama dengan puskesmas dan CSR PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) menggelar kegiatan pelatihan Pramuka sebagai Duta Sanitasi di Gedung Elok, Sekretariat bersama Kwarran Klapanunggal, Kamis, 22 Oktober 2020.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh Camat Klapanunggal H. Ahmad Kosasih, S. H., M. Si., Kapuskesmas dr. Noerlia, CSR PT SBI, Ketua Kwarran H. Andi Samsudi, S. Pd., M. M., waka kwarran, Sekretaris Kwarran Endang Supriatna, S. Pdi., andalan ranting, 40 Pramuka Penegak, dan 5 Pramuka Penggalang calon Garuda.

Kosasih yang juga sebagai Ketua Mabiran Klapanunggal membuka secara resmi pelatihan yang digelar satu hari itu. “Kemudian materi dilanjutkan sore, sore nanti pembagian masker dan hand sanitizer ke masyarakat,” kata Yuniar Witriadi melaporkan.

Pelatihan Pramuka sebagai Duta Sanitasi menerapkan protokol kesehatan. Hal ini sesuai dengan amanat Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan.

Sementara itu, Waka Bidang Abdi masyarakat Kwarcab Kabupaten Bogor Doris Sundari mengungkapkan, kegiatan ini merupakan sarana semua pihak untuk memperkuat kesehatan masyarakat. Menurutnya, sanitasi lingkungan masih menjadi masalah yang cukup serius bagi beberapa daerah di Indonesia. Padahal kondisi lingkungan yang bersih merupakan salah satu kunci agar tidak merebaknya berbagai jenis penyakit.

Baca Juga

“Kegiatan pelatihan Pramuka sebagai Duta Sanitasi merupakan salah satu bakti Pramuka kepada masyarakat. Kita berharap dengan kegiatan-kegiatan seperti ini tingkat kesadaran masyarakat dalam hal  menjaga kebersihan meningkat,” kata Doris. (Kominfo Kwarcab Kabupaten Bogor)