DTAU Upaya Kwarcab Kabupaten Bogor Satukan Frekuensi Soal Upacara

Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Bogor menggelar Diklat Tata Acara dan Upacara.
Diklat Tata Acara dan Upacara (DTAU) Wilayah IV Kwarcab Kabupaten Bogor. (Terkini.id)

Terkini.id, Bogor – Anggota Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Kabupaten Bogor mengikuti Diklat Tata Acara dan Upacara (DTAU) yang digelar oleh Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Bogor dan akan dilaksanakan di 5 wilayah berbeda.

Untuk tahap pertama dilakukan di wilayah IV meliputi Kwarran Cibinong, Babakan Madang, Sukaraja, Kemang, Bojong Gede, Tajurhalang, Parung, Rancabungur. Setiap kwarran tersebut mengirimkan utusan Pramuka Penegak dan Pandeganya untuk dilatih tentang tata acara dan upacara yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cimandala Kecamatan Sukaraja,Sabtu, 26 September 2020.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor, H. Agus Ridallah, S.H., M.H., M.Pd. yang dihadiri oleh para waka kwarcab, andalan, staf, DKC, dan tim pelatih Pusdiklacab Kabupaten Bogor serta seluruh peserta kegiatan.

“Kita berharap dengan kegiatan, semua anggota pramuka memiliki frame yang sama mengenai acara dan upacara,” kata Agus.

Sejatinya, setiap anggota Pramuka baik di gugus depan maupun di instansi lainnya mengetahui tata acara dan upacara karena ini memang menjadi sebuah keharusan dalam hal keprotokolan.

“Kita ingin setiap acara mampu tersusun rapi, tertib dan tentunya memiliki makna yang mendalam dalam setiap penyelenggaraannya,” tandasnya.

Waka Bina Muda Kwrcab Kabupaten Bogor, Dian Sukmawan S., M. Pd., berharap melalui diklat ini akan muncul adanya pemahaman/ persepsi yang sama di tataram dewan kerja khususnya pada pelaksanaan tata upacara dan cara, baik yang ada di gugus depan maupun di tingkat ranting.

“Meskipun materi yang disampaikan masih pada tingkat basic/ dasar, tapi mudah-mudahan ini dapat menjadi bekal ketika dewan kerja melaksanakan tata upacara di wilayahnya,” harap Dian.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Kabupaten Bogor Iwan Taufiq Gunawan, diklat ini bertujuan menyamakan persepsi tata cara upacara di wilayah Kabupaten Bogor.

“Di diklat ini peserta menerima arahan tentang tata cara upacara yang baik dan benar,” kata Iwan.

Dirinya berharap, peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkannya di kwarran masing-masing. Kemudian, diterapkan di setiap gugus depan.

“Dengan begitu dapat menyamakan persepsi dan menjadikan satu frekuensi tentang tata cara upacara di Kabupaten Bogor,”tambahnya.

Kegiatan diklat ini dilakukan secara indoor dan outdoor serta menerapkan protokol kesehatan selama diklat berlangsung. Setelah upacara pembukaan, peserta mengikuti kegiatan diantaranya orientasi pelatihan, dasar-dasar keprotokolan, etika protokol, praktik pelaksanaan upacara, dan praktik pelaksanaan acara resmi. (Kominfo Kwarcab Kab. Bogor)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Dunia Pendidikan Banyak Masalah

Kenali Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal

400 Siswa di Bogor Timur Antusias Ikuti Campus Fair Sukamakmur 2022

Mahasiswa IPB University Gelar Aksi Sobi Back to School

Bogor Catat Rekor Nihil Kasus Covid-19

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar