Begini Fakta Foto Jokowi Hadir di Lokasi Konser Amal BPIP
Komentar

Begini Fakta Foto Jokowi Hadir di Lokasi Konser Amal BPIP

Komentar

Terkini.id, Bogor – Viral di media sosial sebuah foto yang memperlihatkan Presiden Jokowi tengah berswafoto di tengah kerumunan penonton konser. Foto tersebut dikaitkan dengan konser amal BPIP.

Adapun foto viral itu disebarkan oleh akun Facebook Fathan Karim pada 17 Mei 2020.

Dalam narasi unggahannya, akun Fathan Karim mengaitkan foto Jokowi itu dengan konser amal bertajuk “Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona” yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada Minggu 17 Mei 2020.

Berikut narasi unggahan akun Facebook Fathan Karim:

“Konser Yang Menyinggung Umat Islam

Oleh: M. Rizal Fadillah

KONSER amal untuk melawan wabah corona tanggal 17 Mei malam terasa janggal. Penyelenggaranya Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) bekerjasama dengan MPR RI, Gugus Tugas Covid 19 dan instansi lain. Aneh, di tengah kebijakan PSBB dan bulan Ramadhan masih terfikir dan mampu mengadakan konser berskala “kenegaraan”. Ketua MPR sengaja berkampanye mengajak masyarakat untuk hadir dalam konser virtual.

Di bulan Ramadhan 10 hari terakhir yang dalam keadaan normal umat Islam dianjurkan i’tikaf di Masjid, biasa shalat tarawih berjamaah, tadarus Al Qur’an. Justru kini umat harus hadir menonton konser. Sungguh menyedihkan. Menurut Pastor Benny Soesetyo Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP konser ini wujud dari pengamalan Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.

Konser “kenegaraan” ini tidak berperi kemanusiaan.Suasana yang sedang dihadapi adalah keprihatinan. Ketika manusia mempertaruhkan kesehatan dan jiwanya di tengah wabah, masih sempat “nyanyi-nyanyi” terprogram. Tidak adil, karena hasil donasi sepenuhnya hanya diperuntukkan bagi pekerja seni dan seniman. Itupun dihimpun hanya oleh satu Yayasan saja.Bagaimana dengan masyarakat terdampak lain seperti ojek, sopir angkot, buruh ter PHK, pedagang kecil yang semua juga mengalami kesulitan yang mungkin lebih parah?

Tidak beradab, karena adabnya urusan dana rakyat siapapun termasuk seniman adalah kewajiban Pemerintah. Tidak beradab pula di tengah tengah umat Islam beribadah khusyu berburu malam “lailatul qadar” negara justru menyelenggarakan konser bernyanyi. Kegiatan yang sebenarnya bisa dilakukan setelah bulan Ramadhan.

Pemerintah menyinggung umat Islam yang sedang dipersulit untuk beribadah di masjid. Shalat jum’at dan shalat ied pun ditiadakan. Mudik silaturahmi tidak bisa. Ini malah konser lagi. Sayangnya Wapres yang Kyai pun bukan mencegah atau menasehati malahan terlibat. Diagendakan untuk membacakan do’a. Setelah menikmati nyanyi nyanyi.

Kita ini ambivalen antara keseriusan dan kedisiplinan dalam mengatasi wabah di satu sisi dengan relaksasi dan “konserisasi” di sisi lain.

Entah lagu lagu apa yang akan dibawakan mungkin Bimbo membawakan lagu rohani, tetapi artis lainya seperti Rosa, Judika, Ruth Sahanaya, Inul Daratista, Via Vallen, Marion Jola belum terpublikasikan.Ini konser Corona bukan konser Ramadhan. Jadi acara seperti ini seharusnya bisa dilakukan setelah bulan Ramadhan. Di luar bulan sucinya umat Islam.

Program BPIP ini tidak signifikan, MPR pun terlalu menyederhanakan kegiatan. Seperti kehilangan agenda utamanya sebagai lembaga penting dalam Negara. Meskipun akhirnya rakyat hanya bisa mengurut dada.

Indonesia sedang berduka. Duka lara karena cara mengelola negara yang semrawut alias tidak terencana.

Begini Fakta Foto Jokowi Hadir di Lokasi Konser Amal BPIP
Unggahan akun Fathan Karim yang mengaitkan foto Jokowi dengan konser amal BPIP. (Foto: Facebook)

Menanggapi foto viral tersebut, tim Cek Fakta Liputan6.com pada Selasa 18 Mei 2020, melakukan penelusuran terkait klaim foto Presiden Jokowi yang hadir dalam acara konser amal “Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona”.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs pencari Google Reverse Image. Hasilnya terdapat foto serupa yang diunggah akun Twitter resmi Sekretariat Kabinet, @setkabgoid pada 8 Oktober 2017.

Dalam unggahannya, akun Twitter @setkabgoid memberikan keterangan dalam foto tersebut.

“Presiden @jokowi saat menyaksikan Festival Musik Synchronize Fest 2017 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat,” tulis akun Twitter @setkabgoid.

Dalam foto itu, Presiden Jokowi tampak berswafoto dengan sejumlah penonton konser. Ketika itu, Jokowi didampingi Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf.

Begini Fakta Foto Jokowi Hadir di Lokasi Konser Amal BPIP
Unggahan Twitter Sekretariat Kabinet terkait Presiden Jokowi menghadiri festival music Synchronize Fest 2017. (Foto: Twitter)

Penelusuran selanjutnya dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci “Jokowi konser BPIP”.

Hasilnya, terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai kehadiran Jokowi di konser tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul “Jokowi Buka Konser Virtual Lawan Corona yang Digagas BPIP” yang dimuat situs cnnindonesia.com pada Minggu 17 Mei 2020.

Berikut isi pemberitaan CNN Indonesia dalam artikel “Jokowi Buka Konser Virtual Lawan Corona yang Digagas BPIP”:

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Joko Widodo membuka konser amal penggalangan dana secara virtual bertajuk “Berbagi Kasih

Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona” yang disiarkan di sejumlah stasiun televisi, Minggu (17/5).

Konser ini merupakan acara yang digelar MPR bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Konser dibuka dengan video yang menampilkan gabungan para pejabat negara yang menyanyikan lagu ‘Ibu Pertiwi’. Kemudian grup vokal Bimbo menyanyikan lagu bertema corona.

Dalam pembukaan acara, Jokowi menyampaikan agar semua menunjukkan sebagai bangsa yang kuat dan tangguh untuk menghadapi pandemi corona.

“Kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang tangguh, bangsa yang kuat, dan itu sudah kita buktikan dari sekian banyak pengalaman sejarah. Kita tunjukkan pada dunia bahwa kita mampu hadapi pandemi covid ini,” ujar Jokowi melalui video.

Ia juga meminta warga menjaga persatuan dan kesatuan dan kepedulian pada sesama yang terdampak corona.

“Kita tunjukkan bahwa kita mampu menunjukan kepedulian pada sessma terutama yang terdampak covid. Jagalah diri kita, peduli dengan di sekitar kita dan bersama-sama perangi pandemi covid,” katanya.

Berdasarkan penelusuran fakta tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa klaim foto Presiden Jokowi yang hadir dalam acara konser amal “Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona” adalah tidak benar alias hoaks.

Foto tersebut merupakan foto Presiden Jokowi saat menonton Festival Musik Synchronize Fest di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat pada 2017 lalu.

Presiden Jokowi tidak hadir di lokasi acara konser amal yang digelar BPIP. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini hanya membuka konser lewat tayangan video.

sumber :https://terkini.id/