Pelaksanaan Shalat Ied, Ini Kata Wakil Wali Kota Bogor

Pelaksanaan Shalat Ied, Ini Kata Wakil Wali Kota Bogor
Pelaksanaan Shalat Ied, Ini Kata Wakil Wali Kota Bogor

Terkini.id,Bogor – Hari Raya Idul Fitri, pada pelaksanaan di tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, negara Indonesia sedang dihadapkan dengan wabah Covid -19, begitu juga yang dialami masyarakat di Kota Bogor.

Dengan kondisi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah melakukan berbagai macam cara untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut, hingga dilakukan perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke tahap III. Sehingga, Pemkot Bogor belum bisa menyatakan bahwa kondisi lebaran kali ini bisa dilakukan secara normal dan aman.

“Melihat kondisi belum adanya bukti nyata penurunan jumlah terpapar Covid-19 di Kota Bogor, maka kita belum bisa nyatakan kondisi sudah aman menghadapi Hari Raya Idul Fitri kali ini,” kata Wakil Walikota Bogor, Dedie A. Rachim kepada wartawan melalui pesan Whatsapp, Selasa, 19 Mei 2020.

Terkait itu, pria kelahiran Garut Jawa Barat ini, menyatakan dan sependapat dengan arahan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri.

“Saya sependapat dengan arahan MUI agar masyarakat melaksanakan shalat Ied di kediaman masing-masing. Termasuk silaturahmi lebaran, untuk saat ini belum disarankan,” ungkap Dedie A. Rachim.

Baca juga:

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 terkait panduan kaifiat (tata cara) takbir dan shalat Idul Fitri di tengah pandemi virus corona. Dalam fatwa MUI tersebut, disebutkan bahwa shalat Idul Fitri boleh dilakukan di rumah secara berjemaah atau sendiri.

Hal itu diutamakan bagi umat Islam di daerah penyebaran Covid-19 yang belum terkendali.

red

Komentar

Rekomendasi

Selebgram Sarah Keihl Minta Maaf Sambil Menangis di Hadapan dr Tirta

Jurnalis FWHBU dan Aktifis The Green Berbagi Santunan Yatim Piatu di Rumpin

Dukung Tim Medis RSUD, PSI Kota Bogor dan LSM MRB Sumbang APD dan Masker

Kota Bogor Terima 400 Paket Ikan dari KKP-BKIPM Jakarta

Ade Yasin Resmikan Rumah Sakit Darurat atau Pusat Isolasi Covid-19

Lapak Liar Pasar Anyar Ditutup, 4 Pengunjung dan Pedagang Reaktif Covid 19

Pusat Isolasi Covid 19 Kabupaten Bogor

Masyarakat Desa Mekarwangi Tandatangani Petisi Penolakan Pembangunan Indomart

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar