Beredar Foto Wajah Jokowi Terpampang di Nasi Bungkus Bertuliskan Nasi Kodok, Ini Faktanya
Komentar

Beredar Foto Wajah Jokowi Terpampang di Nasi Bungkus Bertuliskan Nasi Kodok, Ini Faktanya

Komentar

Terkini.id, Bogor Publik di media sosial belum lama ini dihebohkan dengan beredarnya sebuah foto nasi bungkus bertuliskan ‘Nasi Kodok’. Dalam bungkusan nasi itu terpampang wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun foto tersebut dibagikan oleh seorang pengguna Facebook dengan nama akun Diet Waee pada Kamis, 30 April 2020.

“Sampah tetaplah sampah meskipun berada di istana,” tulis Diet Waee di narasi unggahannya.

Namun, berdasarkan penelusuran fakta dari situs turnbackhoax.id, Jumat, 1 Mei 2020, dalam mesin pencari Google, sama sekali tidak ditemukan berita tentang Nasi Kodok seperti yang diklaim oleh akun Diet Waee.

sumber :https://makassar.terkini.id/beredar-foto-wajah-jokowi-terpampang-di-nasi-bungkus-bertuliskan-nasi-kodok-ini-faktanya/

Foto sampul berita itu ditayangkan Tribun News pada Kamis, 5 Desember 2019, silam.

Dalam artikel Tribun News tersebut menyebutkan bahwa pemberitaan itu berasal dari laman Sabangplas.com.

Sementara foto Presiden Jokowi pada bungkus nasi yang diunggah akun Diet Waee, diketahui sudah ditayangkan jauh sebelumnya pada laman kaskus.co.id pada Jumat, 21 Maret 2014.

Berdasarkan fakta tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa unggahan akun Diet Waee masuk ke dalam kategori Misleading Content atau konten yang menyesatkan.

Kemudian, foto bungkus nasi pada unggahan Diet Waee tersebut diambil dari foto sampul berita media daring Tribun News, berjudul “Penelitian Buktikan Kertas Nasi Berbahaya untuk Kesehatan, Kandungan Bahan Kimianya Bisa Picu Kanker”.